Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh guru saat melakukan pembelajaran. Pembelajaran akan sangat efektif apabila guru merencanakan dengan sebaik-baiknya dan melaksanakan sesuai rencana semula. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah faktor anak, anak merasa nyaman dan riang ketika pembelajaran berlangsung menjadi salahsatu hal yang menjadi sebuah pertimbangan. Bagaimana cara membuat anak riang atau senang dalam pembelajaran? jawaban-nya mari simak paparan di bawah ini. Ada beberapa faktor yang membuat motivasi belajar anak meningkat.
Pertama, berikan keyakinan pada anak dan kuatkan emosional anak sehingga dapat meyakinkan bahwa diri mereka yakin dan mampu melakukan sesuatu dengan maksimal melebihi apa yang sudah dilakukan sekarang. Dengan keyakinan ini pada diri anak akan tumbuh keyakinan-keyakinan baru sehingga tumbuh-lah semangat untuk terus berjuang dan berusaha agar apa yang dilakukannya akan menuai hasil yang maksimal.
Kedua, berikan senyuman pada peserta didik pada saat pembelajaran atau pun diluar pembelajaran. Dengan senyuman ramah akan membuat peserta didik menjadi tenteram , nyaman dan tenang sehingga dalam mengikuti pembelajaran muncul kesenangan pada mata pelajaran atau pun pada gurunya. Dengan memiliki rasa senang ini akan muncul rasa ingin terus mempelajari pelajaran yang pernah dipelajari-nya
Ketiga, Setelah anak yakin akan kemampuan dirinya dan kesukaan terhadap mata pelajaran yang dipelajari-nya maka langkah selanjutnya untuk memotivasi peserta didik adalah memberikan tanggung jawab kepada peserta didik. Anak yang diberikan sebuah tanggung jawab tentu pada dirinya merasakan adanya sebuah kepercayaan akan apa yang dipikulnya dan akan bertanggung jawab dengan sebaik-baiknya.
Keempat, Langkah ini harus selalu berkaitan dengan langkah ketiga. Setelah memberinya tanggung jawab maka guru harus memberikan kepercayaan terhadap apa yang dilakukan oleh peserta didik. Dengan diberikan kepercayaan pada peserta didik tentu anak akan merasa yakin, suka, mampu, dan dapat berhasil dalam setiap apa yang ia lakukan. Di sinilah akan tumbuh keyakinan pada dirinya bahwa dirinya dapat dipercaya dan dapat bertanggung jawab.
Kelima, Berilah penilaian yang berupa pujian dari hasil apapun yang ia dapatkan. Cara ini adalah cara ampuh bagi peserta didik untuk selalu berbuat karena anak merasa apa yang ia lakukan selalu dihargai, diberi apresiasi dan ia merasa tersanjung. Hal ini merupakan dapat memotivasi anak agar terus berusaha untuk melakukan sesuatu dan terus ingin melakukan-nya.
Dari uraian diatas tentu kita juga harus mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ketika anak diberi kepercayaan sebagai guru haru selalu mengevaluasi kepercayaan tersebut apakah benar-benar dapat di percaya atau pun apakah tanggung jawab yang diberikan dapat di pertanggungjawabkan.
Mudah-mudahan kita dapat menjadi guru yang baik ....
0 Response to "Lima Cara Mendorong Anak Untuk Senang Belajar"
Posting Komentar